Samsung vs Oppo Bagus Mana
Samsung vs Oppo Bagus Mana (foto: canva.com)

Brand Samsung vs Oppo Bagus Mana? Ini Perbandingannya

Posted on

Oppo dan Samsung adalah dua produsen ponsel yang populer di Indonesia dengan persaingan yang sengit. Tidak heran kalau kemudian muncul banyak pertanyaan brand Samsung vs Oppo bagus mana. 

Saat ini kamu juga bisa menemukan banyak keluaran HP Oppo dan Samsung terbaru di pasaran. Harga dan tipe nya pun sangat bervariasi sehingga kamu bisa membelinya sesuai dengan budget dan kebutuhan. 

Brand Samsung vs Oppo Bagus Mana? 

Ada beberapa hal yang wajib menjadi pertimbangan ketika membandingkan kedua merk HP ini:

1. Spesifikasi 

Samsung terkenal dengan chipset buatan mereka sendiri yang bernama Exynos. Akan tetapi, di beberapa tipe ponsel Samsung juga bisa menggunakan chipset lain seperti MediaTek atau Snapdragon. 

Sementara itu, Oppo hanya mengandalkan chipset dari MediaTek dan Snapdragon saja. Secara keseluruhan, Samsung juga lebih terkenal dengan spesifikasinya yang bagus dan seimbang dari berbagai sisi. 

Mulai dari performa, ketahanan, jaminan update, sampai dengan kamera. Oppo dilain sisi terkenal hanya unggul dari satu aspek saja, misalnya kamera bagus, tapi performa kurang baik. 

Baca juga: Samsung Galaxy Z Flip 6 Siap Meluncur dengan Warna Memikat

2. Kamera 

Salah satu keunggulan Samsung daripada Oppo adalah kualitas kameranya yang natural. Oppo memang bisa memberikan hasil foto yang baik, tapi cenderung kurang natural karena ada efek editing yang cukup berlebihan. 

3. Layanan Purna Jual 

Baik Samsung atau Oppo sama-sama memiliki layanan purna jual yang baik. Selain itu, mereka pun memiliki service center yang banyak dan tersebar di berbagai kota di seluruh Indonesia. 

4. Update Sistem 

Samsung cenderung memberikan masa update sistem yang jauh lebih lama daripada Oppo. Bahkan beberapa tipe HP flagship Samsung masih memberikan jaminan update OS sampai 4 tahun. 

Sementara, Oppo dan beberapa brand Android lainnya, tidak memberikan jaminan update sistem operasi dengan durasi selama itu. 

5. Build Quality 

Untuk urusan build quality, Samsung memiliki kualitas yang lebih baik karena Samsung memberikan material yang bagus dan kuat untuk setiap ponsel yang mereka keluarkan. 

Ini juga yang menjadi alasan kenapa HP Samsung lebih awet daripada Oppo. Oppo sebenarnya juga memiliki build quality yang baik, hanya saja jika dibandingkan dengan Samsung, Oppo masih kurang. 

Lalu, kesimpulannya, brand Samsung vs Oppo bagus mana? Pada akhirnya, baik Samsung maupun Oppo sama-sama menawarkan smartphone yang berkualitas. Hanya saja jika dilihat dari berbagai aspek, Samsung masih lebih unggul. 

Akan tetapi, kalau kamu mencari ponsel yang memang unggul dari segi kamera dan tidak masalah dengan adanya kesan editing, maka Oppo bisa menjadi pilihan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *